Beragam Strategi Kemenkumham untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat 

    Beragam Strategi Kemenkumham untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat 

    Jakarta - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memastikan agar pelayanan informasi kepada masyarakat berjalan optimal. Berbagai strategi telah dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. 

    Wakil Menteri Hukum, Edward Omar Syarief Hiariej, mengatakan Kemenkumham melakukan penyebarluasan informasi melalui berbagai media, baik melalui media sosial, situs resmi Kemenkumham, juga beragam program tatap muka, termasuk menggaet komunitas dan para pemangku kepentingan. 

    "Kemenkumham menyebarkan informasi melalui medsos, serta situs resmi terintegrasi yang memudahkan masyarakat mendapatkan
    informasi mengenai kebijakan, regulasi, dan layanan publik, " ujar Wamen Edward alias Eddy, Selasa (12/11/2024). 

    "Kemenkumham juga berkolaborasi dengan berbagai komunitas atau stakeholder, seperti KOPPETA HAM (Komunitas Pelajar Penggiat HAM), mahasiswa, komunitas industri kreatif, dan komunitas lainnya, " tambah Eddy dalam kegiatan presentasi uji publik keterbukaan informasi. 

    Strategi Kemenkumham lainnya adalah memberikan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang pelayanan publik. Di antaranya, pelatihan bahasa isyarat bagi pegawai Kemenkumham, serta program Edukasi Kekayaan Intelektual Indonesia (EKII). 

    "EKII merupakan kerja sama antara DJKI dan World Intellectual Property Organization (WIPO). Inovasi di bidang Kekayaan Intelektual ini dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelindungan kekayaan intelektual, " katanya. 

    Selanjutnya, Kementerian yang dipimpin oleh Menteri Supratman Andi Agtas ini gencar melakukan bermacam-macam rupa sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. 

    Berbagai pameran dilaksanakan guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat secara langsung, seperti pameran dan layanan konsultasi kekayaan intelektual dan layanan AHU dalam kegiatan Inacraft 2024, serta Festifal kekayaan intelektual 2024 di Bali. 

    Ada pula strategi Kemenkumham untuk memastikan kelompok rentan mendapatkan akses yang setara dalam memperoleh informasi publik. Sejumlah satuan kerja Kemenkumham telah memiliki duta pelayanan dengan kompetensi bahasa isyarat. Selain itu, setiap situs satuan kerja telah menggunakan fitur aksesibilitas untuk memberikan kemudahan bagi penyandang disabilitas dalam mengakses informasi. 

    "Kemenkumham mengimplementasikan berbagai program dan kebijakan untuk memastikan bahwa kelompok rentan memiliki akses yang setara terhadap informasi publik. Satuan kerja Kemenkumham memberikan pelayanan kepada kelompok lansia, disabilitas, ibu hamil dan menyusui dengan sarana dan prasarana, dan petugas yang telah mengikuti pelatihan khusus, " ucap Eddy. 

    Eddy mengatakan, Kemenkumham akan mengembangkan strategi dan inovasi agar pelayanan publik semakin berkualitas. Kemenkumham juga terus mendukung upaya pemenuhan kebutuhan informasi kepada masyarakat. 

    "Karena berdasarkan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, hak memperoleh informasi merupakan Hak Asasi Manusia, " tutup Eddy.

    Untuk diketahui dalam kabinet Prabowo-Gibran saat ini, Kemenkumham telah dipisah menjadi Kementerian Hukum, Kementerian HAM, serta Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan.

    kemenkumham kemenimipas polsuspas lapas perempuan tenggarong lapuante
    Alfian Hidayat

    Alfian Hidayat

    Artikel Sebelumnya

    Klinik Pratama Lapas Perempuan Tenggarong...

    Artikel Berikutnya

    Hujan Tak Halangi Semangat, Upacara Hari...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVny Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Bakamla RI Berikan Pertolongan Medis ABK KM Lintas Samudra 2 di Perairan Natuna
    Cahaya Natal di Balik Jeruji: Harmoni Pengampunan di Lapas Perempuan Tenggarong 
    Tujuh Warga Binaan Lapas Perempuan Kelas IIA Tenggarong Raih Kebebasan Bersyarat: Bukti Pelayanan Tanpa Pungli
    Cicip Pindang Ikan dan Tempoyak: Bapak Idris Ajak Petugas Lapas Perempuan Tenggarong Kumpul Santai
    "Brandgang Lapuante Disisir! Kalapas Perempuan Tenggarong Tingkatkan Keamanan Lewat Deteksi Dini"
    Disiplin Berpakaian Ditekankan: Kalapas Perempuan Tenggarong Laksanakan Pemeriksaan Pakaian Dinas dan Atribut
    "Triana Agustin Pimpin Penggeledahan Besar di Lapas Perempuan Tenggarong, Semua Tes Urine Nihil!"
    Cicip Pindang Ikan dan Tempoyak: Bapak Idris Ajak Petugas Lapas Perempuan Tenggarong Kumpul Santai
    "Triana Agustin Awasi Langkah Besar Pembangunan Lapas Perempuan Tenggarong dengan APBD Kutai Kartanegara"
    "Brandgang Lapuante Disisir! Kalapas Perempuan Tenggarong Tingkatkan Keamanan Lewat Deteksi Dini"
    "Empat Mahasiswa UINSI Selesaikan PKL di Lapas Perempuan Tenggarong: Pengalaman Berharga dan Pembelajaran Sosial"
    Sinergi Kebijakan Pemasyarakatan, Lapas Perempuan Tenggarong Ikuti Diskusi Evaluasi Permenkumham 2023
    Membangun Jembatan: Lapas Perempuan Tenggarong Bersinergi dengan Disperindag
    Sah! Kalapas Perempuan Tenggarong Terima Sertifikat Klinik Pratama dari Kepala Dinas Kesehatan Kukar
    Lapas Perempuan Hadiri Kegiatan Entry Meeting Pemeriksaan Interim Laporan Keuangan Kemenkumham 2024 Secara Virtual
    Meningkatkan Kesiapsiagaan: Lapas Perempuan Tenggarong Gelar Sosialisasi Penanggulangan Bencana

    Ikuti Kami